Saturday, September 17, 2016

TATA CARA ALUR PENDAFTARAN PROGRAM MAGISTER BIOLOGI UGM

Lama nggak ngepost, admin bersihin dulu debu-debu di blog ini saking lamanya nggak nge post. Admin lama baru ngepost lagi karena sibuk skripsi kemudian sibuk menganggur juga XD. Saat ini admin akan menjelaskan cara mendaftar program Magister di UGM utamanya prodi Biologi.

Langkah pertama buka url UM UGM http://um.ugm.ac.id/ > Program Pascasarjana
Di tab tersebut akan terdapat beragam menu di antaranya



  • Jalur Seleksi (Ada 3 Jalur)
    1. Jalur Reguler : Diperuntukkan bagi calon pelamar dengan biaya sendiri (Untuk biaya bisa cek di Tarif Biaya Kuliah), calon pelamar dengan biaya instansi dari tempat kerjanya, dan calon pelamar dari masyarakat umum yang sedang mengajukan beasiswa dari berbagai Kementrian di Republik Indonesia.  Ini jalur yang admin pilih T^T
    2. Jalur Kerjasama : Diperuntukkan bagi pegawai yang bekerja di institusi mitra UGM dan biaya pendidikannya ditanggung oleh institusi tersebut dibuktikan dengan adanya MoU yang masih berlaku.
    3. Jalur Internasional : Diperuntukkan bagi warga negara Asing.
  • Persyaratan pendaftar : hal ini penting diperhatikan,
    1. Pas Foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal wajah menghadap kamera dengan latar belakang biru (admin memakai pakaian hitam putih --- jilbab hitam, kemeja putih dan blazer hitam, kalau laki-laki mungkin pakai blazer hitam, kemeja putih dan dasi, untuk latar belakang fotonya sendiri katanya sih nggak sama tiap tahun karena dulu senior berkata katanya latar fotonya berwarna merah)
    2. Ijazah S1 atau DIV, atau fotocopy ijazah yang telah dilegalisir
      • Surat keterangan lulus tidak berlaku
      • khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI
    3. Transkrip Nilai asli atau fotocopy transkrip nilai yang telah dilegalisir dengan IPK sebagai berikut
      • ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
      • ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
      • ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
    4. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang pendidikan terakhir. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku. Program studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima pernyerahan borang akreditasi ke DIKTI. Khusus pelamar lulusan luar negeri, bukti akreditasinya adalah surat keputusan penyetaraan ijazah luar negeri dari DIKTI. Jika dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.
    5. Sertifikat hasil Tes Potensi Akademik (TPA) BAPENNAS (khusus wilayah makassar tes ini diadakan oleh MIPA UNM dan dibuka tiap bulan, untuk pendaftaran langsung saja ke Kaserbag MIPA UNM lantai 2) atau tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM atau Tes Kemampuan Dasar Akademik
    6. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat, sertifikat kemampuan bahasa inggris yang diakui adalah :
      • AcEPT dari UGM
      • IELTS dari institusi yang diakui oleh IDP
      • TOEFL iBT dari institusi yang diakui oleh IIEF
      • TOEFL ITP dari institusi yang diakui oleh IIEF (khusus daerah Makassar dapat dilakukan di UNHAS atau UNM, pembukaan pendaftaran tiap bulan). Syarat untuk TOEFL ITP sendiri adalah minimal 450 namun dengar kabar terbaru katanya TOEFL minimal nya sekarang minimal 400 berdasarkan SK Rektor terbaru, namun bila nilai TOEFL nya belum mencukupi tenang saja biasanya setelah lulus akan diberi waktu untuk mencukupi nilai TOEFL nya
      • TOEP dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi dosen
    7. Surat Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah dijenjang sebelumnya, diutamakan dosen pembimbing akademik. Khusus spesialis FK diganti Rekomendasi IDI. (Format dapat diunduh dilaman UGM)
    8. Surat Keterangan sehat dari dokter di PUSKESMAS atau Rumah Sakit
    9. Syarat Khusus
      • Proyeksi Keinginan Calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di laman UGM)
    10. Surat ijin studi atau tugas belajar daari instansi bagi yang sudah bekerja. (format dapat diunduh di laman UGM)
  • Prosedur pendaftaran
    1. Hubungi program studi tujuan untuk mengetahui syarat khusus dan persyaratan tambahan. Kontaknya ada dilaman UM UGM. Beberapa prodi lain membutuhkan syarat khusus namun untuk biologi sendiri tidak ada syarat khusus. Kontak yang dapat dihubungi pada fakultas Biologi adalah 0274-546860
    2. Membuat akun pendaftaran pada laman http://um.ugm.ac.id/
    3. Melakukan pendaftaran secara online 
      • Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses
      • Siapkan scan dokumen dengan ukuran minimal 150 kb dan maksimal 800 kb untuk masing-masing file, scan dokumen harus berwarna dan dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi, kemudian diunggah pada saat mendaftar online
    1. Membayar biaya pendaftaran melalui sitem multi payment Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Syariah Mandiri (BSM) atau BTN (petunjuk pembayaran dapat dilihat dilaman UM UGM)
    2. Cetak bukti pendaftaran guna keperluan registrasi
  • Program Studi (dapat dilihat dilaman UM UGM)
  • Jadwal Seleksi diadakan dua kali pada awal tahun untuk periode semester genap dan pertengahan tahun untuk semester ganjil
  • Tarif Biaya Kuliah beragam sesuai prodi masing-masing, untuk biaya kuliah Biologi sendiri berdasarkan SK penetepan Uang Kuliah Tunggal sebesar Rp. 10.000.000,-

Adapun recara runut proses pendaftaran di laman um ugm adalah
  1. Pendaftaran : dengan membuat akun, setelah diverifikasi oleh pihak UGM maka akun diaktifkan selanjutnya mengisi profil
  2. Pemilihan program studi, jika jalur reguler pilih biaya sendiri
  3. Pengisian data, data yang diminta antara lain
    • Identitas
      • Jenis identitas berfoto, admin pilih KTP
      • No. Identitas
      • Tanggal mulai berlaku
      • Tanggal kadaluarsa
    • Personal
      • Alamat tempat tinggal asal (bukan alamat kontrakan atau kos)
      • Provinsi tempat tinggal asal
      • Kabupaten Tempat tinggal asal
      • Kode pos
      • No. SMS
      • No. Telp
    • Pendidikan S1
      • Nama universitas
      • Program Studi
      • Akreditasi
      • SKS
      • IPK
      • Tanggal Masuk S1
      • Tanggal lulus S1
    • Pekerjaan (kalau belum bekerja di kosongin saja)
      • Jenis pekerjaan
      • Instansi asal
      • Alamat instansi
      • Telepon Instansi
      • Pangkat/Golongan
      • Jabatan
      • NIP/NIK
    • Kemampuan Bahasa Inggris
      • Jenis Tes Kemampuan Bahasa Inggris (Kalau saya TOEFL ITP, daerah Makassar Tes TOEFL ITP dapat dilakukan di UNHAS atau UNM)
      • Nilai Kemampuan Bahasa Inggris
      • Tanggal Tes Kemampuan Bahasa Inggris
      • Institusi Penyelenggara Tes Kemampuan Bahasa Inggris (kalau Tes nya di UNHAS maka ditulis UNHAS)
    • Kemampuan Potensi Akademik
      • Jenis Tes Potensi Akademik (biasanya yang dipakai TPA BAPENNAS, tapi kalau belum sempat bisa ambil tes PAP's di UGM)
      • Nilai Kemampuan Tes Potensi Akademik
      • Tanggal Tes Potensi Akademik
      • Institusi Penyelenggara
  4. Upload dokumen, dokumen yang diupload antara lain :
    • Ijazah Jenjang Pendidikan Terakhir
    • Proyeksi Keinginan
    • Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris
    • Sertifikat Potensi Akademik
    • Sertifikat/Bukti akreditas
    • Surat Keterangan Sehat
    • Surat Rekomendasi - 1
    • Surat Rekomendasi - 2
    • Transkrip Jenjang Pendidikan Terakhir
    • Publikasi Ilmiah (opsional)
    • Surat Ijin Studi (opsional)
  5. Penguncian data (data yang sudah dikunci tidak dapat diubah lagi)
  6. Pembayaran pendaftran dapat melalui bank atau atm, 
  7. Mencetak bukti peserta
  8. Setelah mencetak bukti peserta usahakan hubungi prodi yang dituju untuk menanyakan kelengkapan berkas, karena hard copy nya dikirim ke prodi yang di tuju, untuk tiap prodi berbeda, ada yang hanya menerima hard copy dokumen namun ada juga yang melakukan tes wawancara
  9. Selanjutnya menunggu pengumuman
Untuk tahap selanjutnya mengenai kegiatan registrasi ulang akan dibahas di postingan berikutnya

Review Hadalabo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion

Kali ini saya mau review hadalabo gokujyun ultimate moisturizing lotion untuk kulit kering dan normal. Hasil review ini setelah pemakaian 2 ...